Direktur Operasi dan Pelayanan Delhi Metro Rail Corporation Terkesan dengan MRT Jakarta
Dalam kunjungan kerja singkatnya ke MRT Jakarta, Direktur Operasi dan Pelayanan Delhi Metro Rail Corporation Ltd. Dr. Amit Kumar Jain terkesan dengan upaya MRT Jakarta dalam melayani pelanggannya sehingga mendapatkan nilai tinggi dalam survei kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh COMET. Meskipun berkunjung satu hari, ia merasa puas karena telah melihat langsung bagaimana kondisi dan situasi pelayanan di stasiun.
“Saya datang untuk melihat langsung dan memahami bagaimana MRT Jakarta melayani pelanggannya. Saya tahu nilai indeks kepuasan pelanggan MRT Jakarta sangat tinggi sehingga saya ingin memahami bagaimana kami bisa mendorong nilai indeks kepuasan pelanggan menjadi lebih baik,” ujarnya. “Ini merupakan kunjungan pertama saya ke MRT Jakarta. Meski demikian, saya telah mendengar banyak hal positif tentang MRT Jakarta dari kolega saya,” lanjutnya.
Ia juga menyampaikan bagaimana ia terkesan dengan sistem MRT Jakarta yang masih sederhana dan kecil apabila dibandingkan dengan metro lainnya di dunia. “Angka keterangkutan (ridership) cukup tinggi, stasiun dan keretanya bersih, dan yang paling mengesankan ialah upaya menaikkan pendapatan nontiket (non-fare box revenue). Banyak ide yang saya lihat seperti di tangga ternyata bisa untuk iklan,” ceritanya saat ditemui di Stasiun Blok M BCA. “Saya juga melihat MRT Jakarta sangat bagus dalam mengelola interkoneksi dengan moda transportasi lain dan gedung-gedung di sekitarnya seperti pusat perbelanjaan (mall), terutama mengelola first and last mile mobilitas pelanggan MRT Jakarta,” pungkasnya.
Selama kunjungan satu harinya, Dr. Amit berkesempatan melihat situasi di Pusat Kendali Operasi (operation control center), mendengarkan paparan dari Divisi Customer Engagement, lalu mencoba kereta MRT Jakarta, serta mendatangi Stasiun Blok M BCA. Ia juga melihat langsung jembatan interkoneksi dengan Blok M Plaza serta melihat suasana di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Dalam kunjungannya, ia didampingi oleh Kepala Departemen Station Service PT MRT Jakarta (Perseroda) Akbar R. Subekti dan Consulting Service Specialist PT MRT Jakarta (Perseroda) Hirzi Hasan.
Delhi Metro Rail Corporation (DMRC) LTD merupakan operator metro yang mengoperasikan 392 kilometer mrt dan 288 stasiun dengan angka keterangkutan mencapai 6,3 juta orang per hari. MRT Jakarta dan DMRC merupakan anggota Community of Metros (COMET), sebuah komunitas sistem metro yang beranggotakan 45 sistem metro di 41 kota di dunia. Melalui komunitas ini, setiap metro dapat melakukan studi banding (benchmarking) terhadap aspek-aspek dalam industri perkeretaapian modern.
Berita Lainnya
-
PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Penghargaan Trusted Company dalam Corporate Governance Perception Index 2020
10 December 2021 -
PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Kredivo Hadirkan Pembayaran Paylater di MRT Jakarta
16 October 2024 -
Per 31 Mei, Pembangunan Simpang Temu Dukuh Atas Capai 26,64 Persen
15 June 2022