D-Wall Stasiun Monas Mulai Dibangun
Waktu menunjukkan pukul 11.30 WIB. Raut wajah kelima pekerja itu terlihat serius. Mereka duduk tertunduk di samping diaphragm wall grab berwarna kuning oranye dan berdoa dengan khusyuk. Salah seorang pekerja tersebut lalu memegang salah satu bagian mesin setinggi sekitar 17 meter tersebut. Gerimis tidak mengurangi semangat mereka. Tidak lama, mereka berdiri dan mulai melakukan pekerjaannya mengoordinasikan dan mengoperasian penggalian tanah serta pengangkutan ke soil pit, tidak jauh dari area penggalian, yang masih berada di dalam kawasan pembangunan Stasiun Monas.
Pada Rabu (27-1-2021) lalu, pekerjaan utama pembangunan Stasiun Monas telah dimulai dengan dilakukannya penggalian tanah sebagai bagian dari proses membangun diaphragm wall (D-Wall) di Stasiun Monas. Diaphragm Wall atau biasa disingkat D-Wall adalah dinding penahan tanah (retaining wall) yang sekaligus berfungsi sebagai dinding bangunan di bawah tanah, dalam hal ini dinding stasiun bawah tanah MRT Jakarta. Stasiun Monas nantinya akan memiliki sekitar 102 panel dengan satu panel berdimensi kedalaman 30 meter, tebal 1 meter, dan lebar 6 meter. Pembangunan D-Wall dimulai dengan perakitan tulangan baja yang dilanjutkan dengan penggalian area yang akan dibangun. Berikutnya pengecoran beton.
D-Wall yang saat ini sedang dibangun, selain sebagai dinding stasiun, juga diperuntukkan sebagai box area seluas 22x26,4 meter yang akan menjadi launching shaft mesin pengebor terowongan (tunnel boring machine). Setelah box area selesai dibangun, tanah ditengahnya akan dikeruk dan area tersebut menjadi lokasi penurunan mesin pengebor terowongan yang akan menggali terowongan bawah tanah menuju Stasiun Bundaran HI. Selanjutnya, tanah hasil galian pembangunan D-Wall tersebut akan dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara.
Stasiun Monas merupakan stasiun bawah kedua di fase 2A MRT Jakarta. Panjang stasiun ini mencapai sekitar 280 meter dengan dua pintu masuk (entrance). Stasiun ini akan menjadi salah satu stasiun ikon Jakarta karena terkoneksi langsung dengan kawasan Taman Monas sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke taman yang luasnya mencapai sekitar 80 hektare tersebut. Selama pembangunan, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan menyediakan pusat informasi (visitor center) bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait MRT Jakarta. Stasiun Monas dan Thamrin rencananya akan beroperasi pada Maret 2025.
Penulis: Nasrullah
Berita Lainnya
-
PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Penghargaan IDIA Awards 2022
20 October 2022 -
PT MRT Jakarta (Perseroda), PAM Jaya, dan Palyja Bekerja Sama Lakukan Pekerjaan Relokasi Pipa Distribusi Air Bersih di Jalur Pembangunan Stasiun Glodok dan Kota
23 February 2022 -
PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Penghargaan Trusted Company dalam Corporate Governance Perception Index 2020
10 December 2021