Dukung Promosi Wisata Toraja, Stasiun Bundaran HI Gelar Toraja and Beyond Tourism Week 2021
MRT Jakarta merupakan kancah lebur berbagai budaya di Indonesia. Oleh karena itu, MRT Jakarta senantiasa mendukung promosi kepariwisataan Nusantara di setiap ekosistemnya. Salah satunya melalui penyelenggaraan Toraja and Beyond Tourism Week 2021 yang berlangsung di area exit B Stasiun Bundaran HI pada 30 September sampai dengan 3 Oktober 2021 mendatang. Dalam pembukaan yang berlangsung pada Kamis (30-9-2021) lalu, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya terhadap kerja kolaboratif antara Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Jepang, dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan atas terselenggaranya acara ini.
“Hari ini kita menyaksikan awal mula dari sebuah permulaan. Indonesia merupakan negara yang sangat beragam bahasa dan budayanya. Itu semua dapat dilihat di Jakarta. Kami sangat mendukung untuk menampilkan keberagaman tersebut tidak hanya kepada komunitas internasional, namun juga kepada masyarakat Jakarta,” ungkap Gubernur Anies. “Kami sangat mendukung saat Toraja menggelar kegiatan ini. Tantangannya sekarang ialah bagaimana kita mengundang berbagai pihak untuk menyelenggarakan perhelatan serupa di MRT Jakarta. Mari kita rayakan bukan hanya semangat keberagaman, melainkan semangat persatuan,” ujar ia. Dalam pembukaan tersebut, hadir sejumlah duta besar dari negara sahabat yang sebelum meninjau Simpang Cakra Selaras Wahana (CSW) yang menghubungkan antara Halte Transjakarta dan Stasiun ASEAN.
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji menyambut baik pagelaran ini. “Pagelaran hari ini menunjukkan bahwa MRT Jakarta merupakan simbol persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Hari ini saya mengetahui bahwa Toraja memiliki budaya yang sangat indah seperti rumah tradisional “Tongkonan”, sehingga membuat saya ingin sekali mengunjungi Toraja ketika nanti pandemi COVID-19 usai,” ungkap Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. “Selain itu, saya yakin, apabila masyarakat mengetahui keindahan Toraja, banyak yang ingin berkunjung ke sana, seperti saya,” ujar ia.
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyebutkan bahwa MRT Jakarta terus mendukung promosi wisata tanah air melalui sejumlah program kampanye seperti #JelajahJakarta yang mempromosikan tempat wisata di Jakarta. “PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa membuka kesempatan berkolaborasi dan bekerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dalam mengenalkan wisata dan budaya Nusantara. Dengan menyediakan transportasi yang aman dan nyaman, aksesibilitas masyarakat menjangkau tempat tujuan wisatanya dapat terwujud,” pungkas William.
Toraja and Beyond Tourism 2021 menghadirkan sejumlah promosi destinasi wisata, produk UMKM, acara bincang-bincang, hingga pertunjukan kesenian seperti tari-tarian yang dapat dinikmati oleh masyarakat hingga 3 Oktober 2021. Ke depannya, MRT Jakarta akan menghadirkan lebih banyak lagi promosi destinasi wisata Nusantara.
Penulis: Nasrullah.
Berita Lainnya
-
Per 25 Juli, Pembangunan Fase 2A CP 201 Capai 60,08 Persen
26 July 2023 -
Pemegang Saham Tetapkan Direktur Pengembangan Usaha PT MRT Jakarta (Perseroda)
19 February 2021 -
MRT Jakarta CEO Interview with Vision by Protiviti: Massive Metro Project Will Make The City More Mobile, Modern and Sustainable
29 October 2021