MRT Jakarta Kembali Selenggarakan Pelatihan Service Excellence Academy
“Kami berharap agar Adik-adik hari ini mendapatkan materi dan belajar langsung dari pemateri tentang bagaimana menghadirkan service excellence di dunia pelayanan publik. Semoga apa yang dipelajari selama dua hari ke depan dapat membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan terutama saat mulai mencari pekerjaan selepas lulus sekolah,”
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan saat membuka pelatihan MRT Jakarta Service Excellent Academy bertajuk Service Excellence di Dunia Pelayanan Publlik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Selasa—Rabu (12—13-12-2023). “Kami sangat senang menyambut adik-adik sekalian dengan harapan adik-adik mendapatkan hal baru tentang apa itu pelayan prima dari aspek yang sangat luas,” ujarnya. “Sekurang-kurangnya ada enam aspek yang bisa diamati, yaitu keselamatan, keandalan, keamanan, kesetaraan, kemudahan, dan kenyamanan. Jadi, bukan sekadar stasiunnya dilengkapi dengan AC, keretanya tepat waktu, atau disapa oleh petugas saja,” imbuhnya.
Pelatihan kedua ini diikuti oleh sekitar 11 peserta dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Muhammadiyah 5 Jakarta dan menghadirkan fasilitator Station Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Victor Harjono, Station Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Teuku Billy, dan Station Duty Section Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Adityawati.
Dalam pelatihan yang digelar selama dua hari ini, setiap peserta mendapatkan materi tentang menetapkan pola pikir, tingkatan, etika, dan komunikasi dalam pelayanan. Tidak hanya teori dan konsep serta diskusi dalam ruangan, setiap peserta mendapatkan pengalaman langsung di stasiun MRT Jakarta untuk mengobservasi dan berdiskusi dengan petugas. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Perseroan terhadap pengembangan sumber daya manusia sejak dini terkait pelayanan publik.
Guru pendamping peserta, Rini, menyampaikan apresiasinya atas pelatihan ini. “Kami mengikutsertakan kelas 11 dalam pelatihan ini karena ingin mulai mengenalkan bagaimana dunia kerja, khususnya pelayanan publik, kepada siswa dan siswi kami. Tujuannya agar mereka sedini mungkin mendapatkan gambaran bagaimana bekerja dengan standar yang baik sekali seperti MRT Jakarta,” ungkap Rini.
MRT Jakarta Service Excellence Academy merupakan inisiatif Perseroan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang dunia pelayanan publik, khususnya di bidang transportasi umum. Sebagai salah satu operator metro yang diakui sebagai salah satu metro berstandar internasional, PT MRT Jakarta (Perseroda) terdorong untuk membagikan pengalaman dalam mewujudkan hal tersebut demi berkembangnya industri pelayanan publik di Indonesia.